Saturday 8 December 2012

TIPS UNTUK MEMAKSIMALKAN KEHADIRAN DI ACARA SEMINAR

 
Hadir di acara seminar butuh persiapan. Dengan begitu, investasi berupa ilmu pengetahuan pun dapat Kamu raih secara maksimal.

Ada sebagian orang yang enggan datang ke acara seminar atau workshop mengenai suatu bahasan seperti kesehatan, enterpreneur maupun teknologi, . Mereka beranggapan, acara-acara tersebut hanya membuang waktu dan nggak memberikan manfaat positif. Namun, jika Kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya, hadir di event-event tersebut tentulah sangat menarik karena Kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, jadi Saya akan memberikan tips persiapan-persiapan yang harus kamu lakukan Agar bisa mengikuti seminar atau workshop secara maksimal.

Mencari Tahu Tema Utama

Selain menyiapkan undangan untuk registrasi dan alat tulis, ada baiknya Kamu mencari tahu materi presentasi yang akan disampaikan. Dengan begitu, Kamu bisa lebih siap untuk menerima materi yang dijabarkan. Bahkan, Kamu bisa lebih siap untuk membuat daftar pertanyaan jika di acara tersebut ada sesi tanya-jawab

Buat Daftar Target

Memang sih terdengar ribet. Namun menentukan daftar target akan berguna untuk menentukan waktu yang telah Kamu investasikan. Kamu juga bisa fokus dan efisien. Dengan begitu, Kamu bisa menggali lebih dalam informasi yang dipresentasikan.

Riset Pembicara

 
Cari tahu latar belakang dan keahlian pembicara yang hadir. Kamu pun bisa memilih untuk melakukan wawancara langsung dengan pembicara saat sesi networking atau coffee break. Dengan begitu, Kamu bisa menambahkan daftar relasi atau pertemanan.

Mencatat dan memotret slide penting

Untuk mengingat kembali point-point penting sepulang dari seminar yang di ikuti ada baiknya dicatat beberapa hal penting yang disampaikan oleh pembicara. Selain itu, Kamu pun bisa memanfaatkan kamera untuk meng-capture sejumlah informasi penting yang tersedia di slide. Jika dperbolehkan, Kamu bisa meng-copy file presentasi yang dimiliki pembicara ke dalam USB flash disk. Jangan lupa untuk memberi tanda di catatan jika ada beberapa hal yang nantinya ingin ditanyakan.

Berkomunikasi saat coffee break

 
Saat coffee break, luangkan waktu Kamu berkomunikasi dengan orang-orang yang hadir atau pembicara. Jangan takut untuk bertegur sapa lebih dahulu, bersalaman, dan memberikan kartu nama. Hal ini berguna untuk memperluas relasi Kamu. Ada baiknya Kamu berlaku sopan dan ramah. Jangan memotong pembicaraan orang hanya karena Kamu ingin berkenalan.

Perlengkapan sarana pendukung

Sarana pendukung atau 'senjata' lainnya yang harus Kamu siapkan tidak kalah penting seperti Alat tulis, buku catatan/notebook, kamera digital, USB flash disk, ponsel, dan tablet jika diperlukan. Oleh karena itu, cek ulang semua perangkat tersebut sebelum berangkat. Pastikan 'senjata' yang Kamu bawa bisa bekerja dengan baik.

Terakhir, ketika Kamu akan mengikuti sebuah seminar atau workshop, luangkan waktu secara penuh. Usahakan jangan melakukan pekerjaan lain di saat seminar, kecuali memang urgent/mendesak. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat fokus Kamu terbelah.Usahakan semua perhatian terfokus ke seminar atau workshop yang Kamu ikuti.

Nah, itulah beberapa tip yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini. Siapkan diri Kamu untuk mengikuti kegiatan seminar. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan manfaat secara maksimal. Tidak hanya itu, investasi waktu maupun biaya yang telah Kamu keluarkan bisa kembali dalam bentuk pengetahuan.




sumber: majalah CHIP 11/2012 kolom kreatif

2 comments: