Sunday 20 January 2013

Internet and Network Attacks (Macam-macam Malware dan cara pencegahannya)

Sebuah informasi yang dikirim melalui jaringan akan memiliki tingkat resiko keamanan yang lebih tinggi dari informasi yang disimpan di data pribadi. karena bisa saja ada tangan yang tidak bertanggung jawab mencuri informasi tersebut. Apalagi, di internet tidak ada yang menjadi administrator utama sampai saat ini, ini yang menyebabkan resiko semakin besar.

Untuk mengetahui seberapa kerawanan komputer anda dari serangan internet atau jaringan anda dapat menggunakan online security service. Online security service adalah situs web yang mengevaluasi komputer Anda untuk memeriksa kerawanan terhadap serangan internet.

Online security service populer untuk personal Computer
Nama Online Service
Web Address
Audit My PC
Trend Micro House Call
Symantec Security check

Serangan internet dan jaringan yang membahayakan diantaranya computer viruses,worms,trojan horses, dan rootkit; botnets; denial of service attack;back doors; dan spoofing. Dalam kesempatan ini Saya akan memberikan sedikit gambaran dari beberapa serangan tersebut,yaitu:
·         Computer virus
berpotensial merusak program komputer yang terpengaruhi, atau terinfeksi. Sehingga akan mengubah jalan kerja komputer tanpa sepengetahuan atau izin user.
·         Worm
Program yang menduplikasi diri secara berulang. Contohnya di dalam harddisk sehingga free memory akan habis di penuhi worm.
·         Trojan Horse(Greek myth)
Program yang bersembunyi terlihat seperti program asli. Dalam beberapa kondisi biasanya akan mecetus Trojan Horse lahir. Trojan Horse ini umumnya dibuka karena memiliki daya tarik sehingga kita akan terpancing untuk membuka program tersebut. Berbeda dengan worm, trojan tidak menduplikasi diri
·         Rootkit
Program yang bersembunyi dan berusaha untuk menyusup ke komputer orang lain dan memungkinkan seseorang dari lokasi pengendali untuk mengambil penuh kontrol komputer tersebut.

Computer virus, worm, Trojan horse, dan rootkit di klasifikasikan sebagai malware(malicious software). Yang mana sebuah program berjalan tanpa sepengetahuan user dan dengan sengaja mengubah operasi komputer.

Tips untuk mencegah malware menghinggapi komputer anda:
1.       Jangan menyalakan komputer dengan removable media(seperti Flashdisk,memory card, CD) yang tersisip di drive atau port, sekalipun media itu tidak terkena virus.selama proses startup, komputer mungkin mencoba untuk mengeksekusi boot sector dalam media atau port tertentu. Setiap usaha tidak sukses, virus di boot sector removable media dapat terinfeksi ke hard disk komputer.
2.       Jangan membuka attachment e-mail yang bukan dari sumber terpercaya.jika kamu mendapat e-mail dari sumber tidak terpercaya . hapus email itu dengna segera tanpa membukanya.
3.       Atur macro security di ms office, jadi anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan macros. Mengaktifkan macros hanya jika dokumen berasal dari sumber terpercaya dan isinya telah anda kira.
4.       Install program antivirus dan selalu update software antivirus.
5.       Scan semua file yang baru di download dari virus dan malware lainnya
6.       Jika antivirus telah memberi tanda peringatan(flags) dari email atau file yang diduga terinfeksi, hapus atau karantina file itu dengan segera.
7.       Sebelum menggunakan removable media, scanning terlebih dahulu
8.       Install personal firewall program
9.       Tetap tahu akan informasi tentang bahaya virus dan virus hoaxes.

Itulah beberapa tipe malware dan bagaimana cara mencegah virus yang saya dapat informasikan. Klasifikasi lainnya selain malware adalah botnets; denial of service attack;back doors; dan spoofing. Jika ada waktu luang akan saya bahas di lain waktu. Sekian untuk kali ini wassalam. . .

No comments:

Post a Comment